• ""It’s not Mecca. It’s Mecca-hattan. The tower and the lights in it are like Vegas. The truth of the history of Mecca is wiped out with bulldozers and dynamite. Is this development?"" SAMI ANGAWI, an architect who spent his life studying hajj and is one of the most outspoken critics of the changes of Mecca.

    "““Ini bukan Mekah. Ini Meka-hattan. Menara dan pijar cahayanya seperti Vegas. Sejarah yang sejatinya dari Mekah dihapus dengan buldoser dan dinamit. Apakah ini sebuah pembangunan?”." SAMI ANGAWI, arsitek yang menghabiskan hidupnya mempelajari haji dan salah satu kritikus terkemuka terhadap perubahan Mekah


    BAHASA JEPANG SEBUTAN DALAM KELUARGA


    1.ANGGOTA KELUARGA SENDIRI
    kakek : sofu
    nenek : sobo
    paman : oji
    bibi : oba
    sepupu : itoko
    ayah : chichi
    ibu : haha
    kakak laki : ani
    kakak perempuan : ane
    adik laki : otouto
    adik perempuan : imouto

    2.ANGGOTA KELUARGA ORANG LAIN
    kakek : ojiisan
    nenek : obaasan
    paman : ojisan
    bibi : obasan
    sepupu : itoko
    ayah : otousan
    ibu : okaasan
    kakak laki : oniisan
    kakak perempuan : oneesan
    adik laki : otoutosan
    adik perempuan: imoutosan

    21 comments:

    1. kalau sebutan onesan sama oniisan itu bisa buat keluarga sendiri ngga?

      ReplyDelete
      Replies
      1. kalo untuk keluarga sendiri kalo ga salah Oneechan ama Oniichan

        Delete
      2. Bisa, kalau untuk keluarga... Bisa Nee-chan or Nii-chan. Yang lain kayaknya bisa. Cuman 'O'-nya di-ilangin.

        Delete
    2. o, ga Aflah karena kalau baahsa Jepang dibedakan. Keluarga sendiri pakai ani dan ane :)

      ReplyDelete
    3. aku pernah denger di banyak anime,kalau manggil keluarganya bukan pake panggilan yang ke keluarga sendiri,tapi pake yang panggilan ke keluarga orang lain cuma -san diganti -chan

      ReplyDelete
    4. wah. ya sih.Yang di sini official languangenya. Kalau imbuhan chan setahu saya artinya kesayangan/ orang yang paling disayang. Bisa bantu dengan kata-kata yang ga formal? bisa ditambahkan ke blog ini?

      ReplyDelete
    5. Arigatou infonya onii-san :D

      *Rika

      ReplyDelete
    6. Penggunaan Chan, San, Kun itu ada tempatnya...
      Chan, Ditambahkan kenama/sebutan biar makin imut, tidak formal, sering dipakai ke anak kecil dan wanita (how jackie-chan?)

      San, (san andreas?) Dtambah untuk nama, lebih formal, dipakai untuk segala pihak, dipakai agar lebih akrab

      Kun, Nah ini kalo suami istri dalam bahasa indo artinya (Mas, Bang), lebih sopan untuk memakai ini, dipakai untuk oang lebih tua, atau pasangan (cieee)

      Ada lagi, itu namanya Sama! Ditambahkan ke nama/sebutan untuk orang yang lebih terhormat, artinya dengan tujuan memujinya...

      ReplyDelete
    7. kalo sebutan untik anak pertama, kedua dst apa ya???

      ReplyDelete
    8. Terima kasih gan untuk ilmu bahasa jepangnnya..mau tanya kalo mau ngetik bahasa jepang gimana caranya gan??

      ReplyDelete
    9. kalau okaasan untuk keluarga sendiri? bisa gak

      ReplyDelete
    10. Untuk keponakan ga ada ya dalam bahasa Jepang?

      ReplyDelete

     

    Meet The Author

    News on Short

    Indomie to open noodle factory in Morroco, six in Africa (Nigeria, Egypt, Sudan, Kenya, Ethiopia). The first was Nigeria, dubbed as the largest instant noodle manufacturing plant in Africa. The other factories are in Malaysia, Serbia, Saudi Arabia, Yemen, and Syria.
    The Jakarta Post p20. April 4, 2015
    Indonesia segera membuka pabrik mi di Maroko, keenam di Afrika (Nigeria, Mesir, Sudan, Kenya, Ethiopia). Yang pertama di Nigeria, didengungkan sebagai pabrik manufaktur mi instan terbesar di Afrika. Pabrik-pabrik lainnya terdapat di Malaysia, Serbia, Saudi Arabia, Yaman, dan Syria.
    The Jakarta Post h20. 4 April 2015

    About Me