• ""Extremism and Islam are completely different things"" SHINZO ABE, prime minister was on the Middle-East tour when IS threatened to kill two Japanese unless it received 200 million USD.

    "“Ekstrimisme dan Islam adalah hal yang sangat bertolak belakang”."SHINZO ABE, perdana menteri, sedang dalam tur ke Timur Tengah ketika NI menawan untuk membunuh dua orang Jepang kecuali mereka diberi 200 dollar AS


    BAHASA JEPANG SEBUTAN DALAM KELUARGA


    1.ANGGOTA KELUARGA SENDIRI
    kakek : sofu
    nenek : sobo
    paman : oji
    bibi : oba
    sepupu : itoko
    ayah : chichi
    ibu : haha
    kakak laki : ani
    kakak perempuan : ane
    adik laki : otouto
    adik perempuan : imouto

    2.ANGGOTA KELUARGA ORANG LAIN
    kakek : ojiisan
    nenek : obaasan
    paman : ojisan
    bibi : obasan
    sepupu : itoko
    ayah : otousan
    ibu : okaasan
    kakak laki : oniisan
    kakak perempuan : oneesan
    adik laki : otoutosan
    adik perempuan: imoutosan

    21 comments:

    1. kalau sebutan onesan sama oniisan itu bisa buat keluarga sendiri ngga?

      ReplyDelete
      Replies
      1. kalo untuk keluarga sendiri kalo ga salah Oneechan ama Oniichan

        Delete
      2. Bisa, kalau untuk keluarga... Bisa Nee-chan or Nii-chan. Yang lain kayaknya bisa. Cuman 'O'-nya di-ilangin.

        Delete
    2. o, ga Aflah karena kalau baahsa Jepang dibedakan. Keluarga sendiri pakai ani dan ane :)

      ReplyDelete
    3. aku pernah denger di banyak anime,kalau manggil keluarganya bukan pake panggilan yang ke keluarga sendiri,tapi pake yang panggilan ke keluarga orang lain cuma -san diganti -chan

      ReplyDelete
    4. wah. ya sih.Yang di sini official languangenya. Kalau imbuhan chan setahu saya artinya kesayangan/ orang yang paling disayang. Bisa bantu dengan kata-kata yang ga formal? bisa ditambahkan ke blog ini?

      ReplyDelete
    5. Arigatou infonya onii-san :D

      *Rika

      ReplyDelete
    6. Penggunaan Chan, San, Kun itu ada tempatnya...
      Chan, Ditambahkan kenama/sebutan biar makin imut, tidak formal, sering dipakai ke anak kecil dan wanita (how jackie-chan?)

      San, (san andreas?) Dtambah untuk nama, lebih formal, dipakai untuk segala pihak, dipakai agar lebih akrab

      Kun, Nah ini kalo suami istri dalam bahasa indo artinya (Mas, Bang), lebih sopan untuk memakai ini, dipakai untuk oang lebih tua, atau pasangan (cieee)

      Ada lagi, itu namanya Sama! Ditambahkan ke nama/sebutan untuk orang yang lebih terhormat, artinya dengan tujuan memujinya...

      ReplyDelete
    7. kalo sebutan untik anak pertama, kedua dst apa ya???

      ReplyDelete
    8. Terima kasih gan untuk ilmu bahasa jepangnnya..mau tanya kalo mau ngetik bahasa jepang gimana caranya gan??

      ReplyDelete
    9. kalau okaasan untuk keluarga sendiri? bisa gak

      ReplyDelete
    10. Untuk keponakan ga ada ya dalam bahasa Jepang?

      ReplyDelete

     

    Meet The Author

    News on Short

    Ahok was one of a small number of Chinese politicians who threw themselves into public life after the fall of President Soeharto in May 1998. During Soeharto era, it was almost impossible for Indonesians of Chinese descent to rise to top government positions
    The Jakarta Post p1. November 15, 2014
    Ahok adalah satu dari angka kecil politisi Tionghoa yang melempar hidupnya ke dalam kehidupan umum setelah jatuhnya Presiden Soeharto pada Mei 1998. Selama era Soeharto, hampir tidak mungkin untuk orang Indonesia keturunan Tionghoa untuk muncul di puncak pemerintahan
    The Jakarta Post h1. 15 November 2014

    About Me