• ""“It was the worst three years in my life, and I didn’t let them hear me sing. But music gave me a path in order for me to recover from the scars I have. I’ve made my peace, but the scars stay."" AFGANSYAH REZA, music is what gave him strength when he was bullied in junior high school

    "““Itu adalah tiga tahun terburuk dalam kehidupan saya, dan saya tidak membiarkan mereka mendengarkan saya menyanyi. Namun musik memberi saya pola yang sesuai bagi saya untuk pulih dari luka-luka yang saya miliki. Saya telah menemukan kedamaian, namun luka-luka itu masih ada.”." AFGANSYAH REZA, musiklah yang memberinya kekuatan ketika dia digertak sewaktu SMP


    BAHASA JEPANG SEBUTAN DALAM KELUARGA


    1.ANGGOTA KELUARGA SENDIRI
    kakek : sofu
    nenek : sobo
    paman : oji
    bibi : oba
    sepupu : itoko
    ayah : chichi
    ibu : haha
    kakak laki : ani
    kakak perempuan : ane
    adik laki : otouto
    adik perempuan : imouto

    2.ANGGOTA KELUARGA ORANG LAIN
    kakek : ojiisan
    nenek : obaasan
    paman : ojisan
    bibi : obasan
    sepupu : itoko
    ayah : otousan
    ibu : okaasan
    kakak laki : oniisan
    kakak perempuan : oneesan
    adik laki : otoutosan
    adik perempuan: imoutosan

    23 comments:

    1. kalau sebutan onesan sama oniisan itu bisa buat keluarga sendiri ngga?

      ReplyDelete
      Replies
      1. kalo untuk keluarga sendiri kalo ga salah Oneechan ama Oniichan

        Delete
      2. Bisa, kalau untuk keluarga... Bisa Nee-chan or Nii-chan. Yang lain kayaknya bisa. Cuman 'O'-nya di-ilangin.

        Delete
    2. o, ga Aflah karena kalau baahsa Jepang dibedakan. Keluarga sendiri pakai ani dan ane :)

      ReplyDelete
    3. aku pernah denger di banyak anime,kalau manggil keluarganya bukan pake panggilan yang ke keluarga sendiri,tapi pake yang panggilan ke keluarga orang lain cuma -san diganti -chan

      ReplyDelete
    4. wah. ya sih.Yang di sini official languangenya. Kalau imbuhan chan setahu saya artinya kesayangan/ orang yang paling disayang. Bisa bantu dengan kata-kata yang ga formal? bisa ditambahkan ke blog ini?

      ReplyDelete
    5. Arigatou infonya onii-san :D

      *Rika

      ReplyDelete
    6. Penggunaan Chan, San, Kun itu ada tempatnya...
      Chan, Ditambahkan kenama/sebutan biar makin imut, tidak formal, sering dipakai ke anak kecil dan wanita (how jackie-chan?)

      San, (san andreas?) Dtambah untuk nama, lebih formal, dipakai untuk segala pihak, dipakai agar lebih akrab

      Kun, Nah ini kalo suami istri dalam bahasa indo artinya (Mas, Bang), lebih sopan untuk memakai ini, dipakai untuk oang lebih tua, atau pasangan (cieee)

      Ada lagi, itu namanya Sama! Ditambahkan ke nama/sebutan untuk orang yang lebih terhormat, artinya dengan tujuan memujinya...

      ReplyDelete
    7. kalo sebutan untik anak pertama, kedua dst apa ya???

      ReplyDelete
    8. Terima kasih gan untuk ilmu bahasa jepangnnya..mau tanya kalo mau ngetik bahasa jepang gimana caranya gan??

      ReplyDelete
    9. kalau okaasan untuk keluarga sendiri? bisa gak

      ReplyDelete
    10. Untuk keponakan ga ada ya dalam bahasa Jepang?

      ReplyDelete
    11. Sebagai tambahan saja ya teman-teman .
      Untuk sebutan anak dalam bahasa Jepang dapat digolongkan sebagai berkut :

      - Anak pertama laki-laki : 長男 ( ちょうなん ) chounan
      - Anak kedua laki-laki : 次男 ( じなん ) jinan
      - Anak ketiga laki-laki : 三男 ( さんなん ) sannan
      - Anak keempat laki-laki : 四男 ( よなん ) yonan

      - Anak pertama perempuan : 長女 ( ちょうじょ ) choujo , cho-jo
      - Anak kedua perempuan : 次女 ( じじょ ) jijo
      - Anak ketiga perempuan : 三女 ( さんじょ ) sanjo

      Kalau banyak anak berarti tidak ikut program pemerintah alias KB
      :D
      Sekian , kalau ada yang kurang mohon maaf. Karena kita sama-sama belajar hehehe ...

      ReplyDelete

     

    Meet The Author

    News on Short

    Kepulauan Solomon adalah rumah dari lebih 230 spesies anggrek dan flora tropis yang memainkan peran dalam budaya tradisional dan adat dari generasi ke generasi.
    The Jakarta Post h4. 24 Maret 2013
    The Solomon islands is home to over 230 species of orchids and tropical flora which have played a role in traditional culture and customs for generations.
    The Jakarta Post p4. March 24, 2013

    About Me